Mencari

Loading...

Tuesday, October 9, 2012

Subtitusi Kampas Rem Depan Minerva R150

Subtitusi Kampas Rem Depan Minerva R150, Mahal Tapi Mudah Didapat

OTOMOTIFNET - Suara decit di bagian depan besutan Minerva R150, bikin risih kuping Herman Arif setiap menarik tuas rem. “Kadang saya suka gak pakai rem depan. Habis malu, udah kayak sepeda mini. Mau beli yang orisinal tapi jauh banget di Bekasi,” ucap warga Green Garden, Kedoya, Jakbar ini.

Gbr 1

Gbr 2
Nah, atas info temannya, kampas rem depan bisa dikawinsilangkan sama punya Honda. Benar gak sih? “Bisa, asalkan bertipe motor bebek yah, bukan yang sport. Sebab dari bentuk dan ketebalannya pun sama, jadi gak perlu ngubah apapun,” bilang Ijun, mekanik bengkel Mulia Mitra Motor (MMM). Harganya?

Milik Honda Supra X memang lebih mahal Rp 4 ribu dibanding price list Minerva hanya Rp 33 ribu, tetapi part alternatif ini lebih mudah didapat. Nah, sebelum praktik, kita kumpulkan dulu peralatannya. Yakni, kunci ring 8, 12, obeng min, slang akuarium dan kunci L-5.

Nah, sekarang ikuti caranya. Pertama, kendurkan dan lepas dua baut pengaman baut L yang ada di luar kaliper dengan obeng min (gbr.1). Kemudian, longgarkan dulu dua baut L di dalam lubang kaliper memakai kunci L-5 (gbr.2).

“Jangan sampai lepas, cukup dikendurkan. Sebab kalo kita lepas kaliper dulu, malah lebih susah kendorin baut L-nya,” pesannya. Lalu copot dua baut pengait kaliper di sok depan pakai kunci ring 12 (gbr.3), lalu copot kalipernya. Baru setelah itu lepas dua baut L yang sudah kita kendurkan.

Gbr 3

Gbr 4
Berikutnya, lepas kampas rem dari kaliper. Sekarang bandingkan milik Minerva sama Supra X, sama kan? (gbr.4). “Kalo begitu, langsung pasang deh kampas Honda yang mirip pinang dibelah dua,” canda pria bertubuh langsing ini.

Gbr 5
Urutan pemasangan sama seperti melepas tapi dalam hitungan mundur. Oh iya, sekalian cek semua kinerja perangkat cietnya.
Apa ada angin palsu yang ‘ngendon’ di slang. Sebab jika diabaikan, kerja pengereman kurang pakem. Caranya?

Mudah. Gunakan slang akuarium dan masukkan ke nipel di kaliper. Tarik tuas rem depan maju-mundur beberapa kali pakai tangan, lantas tahan jangan sampai lepas, lalu buka baut nipelnya pakai kunci ring 8 selama tiga detik dan kunci lagi.

“Kalo di dalam slang gak ada gelembung udara, berarti kaliper bebas dari angin palsu. Jika ada, ulangi cara tadi hingga gelembung udara di slang tersebut hilang,” bilang pria ini sambil menunjukkan langkahnya (gbr.5).
(motorplus.otomotifnet.com)

No comments:

Post a Comment